February 18, 2011

9 tips aman berinternet

Belakangan ini kejahatan di dunia maya (Cyber Crime) semakin marak. Untuk itu keamanan internet sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai bentuk kejahatan online. Berikut beberapa tips agar kamu sekalian aman saat berselancar di internet.
1. install Antivirus dan selalu update antivirusmu
2. Hanya kunjungi situs web yang terpercaya. hindari mengunjungi situs yang mengandung konten berbahaya (kalau blog ini dijamin 100% aman deh :D) hati-hati mengklik link yang diperpendek. Bisa-bisa kamu dibawa ke situs yang aneh-aneh.
3. Lakukan scan virus dengan antivirus update tan terbaru pada file attachment yang kamu terima atau file hasil unduhan.
4. selalu update sistem operasi dan browser web kamu.
5. jangan pernah memberitahukan password akun apapun dengan alasan apapun kepada oang lain, terlebih orang yang baru saja dikenal. Gunakan password yang tidak mudah ditebak, misalkan kombinasi huruf beasr  - kecil - angka - simbol-simbol khusus contoh tulisannya ya kayak tulisan anak @LaY. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti panggunaan nomor telefon atau tanggal lahir.
6. Untuk menghindari URL jebakan. Selalu ketikkan alamat web yang ingin dikunjungi. Jangan mengikuti link yang didapat dari situs mencurigakan atau email
7. Sebelum memasukkan password dan melakukan transaksi online. Pastikan situs yang dikunjungi memakai protokol https.
8. Selalu tekan tombol log out  untuk menutup sesi login. Jangan menutup dan mengakhiri sesi login dengan hanya menutup jendela browser. bila perlu hapus file chace browser setelah selesai berinternet.
9. Hidari menggunakan komputer umum (ex : warnet)untuk transaksi online.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk