February 9, 2011

Abi Word

Abiword merupakan bagian dari sebuah proyek yang lebih besar, yang dikenal sebagai AbiSource. Proyek ini dikembangkan oleh SourceGear Corporation. Tujuan dari pengembangan AbiSource adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi cross-platform atau multi platform yang bersifat Open Source. Pengembangannya dimulai pada aplikasi pertama mereka yaitu AbiWord.
Source Gear merilis source code AbiWord dan juga membentuk komunitas pengembangannya. SourceGear tidak lagi campur tangan dalam pengembangan AbiWord, namun developer-lah yang  meneruskan dan juga meningkatkan kemampuan dari AbiWord.

Jika Anda mencari sebuah aplikasi pengolah kata yang kecil, stabil, dan juga memiliki banyak fitur, Anda dapat memilih AbiWord. Aplikasi ini dapat bekerja pada platform Windows, UNIX, Linux, dan juga MacOS. AbiWord juga sangat kompatibel dengan file Microsoft Word, OpenOffice.org native format, HTML, RTF, bahkan Outlook Express email.
Selain sebagai text editor, tampilan dari AbiWord juga sangat baik. Tabel, penomoran, penghitungan kata, merupakan beberapa fitur yang dimiliki oleh AbiWord. Dan apabila Anda bekerja tidak hanya dengan menggunakan bahasa Inggris, kamus yang dimiliki oleh AbiWord menyediakan lebih dari 30 bahasa di dalamnya.
Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, serta sifatnya yang open source dan lintas platform, AbiWord layak menjadi pilihan Anda. Anda dapat men-download file.exe AbiWord untuk Micosoft Windows disini. Cara instalnya di linux adalah

ketikkan perintah berikut pada terminal

          sudo apt-get install abiword

lalu masukkan password anda

anda akan mendownload file archives sebesar 11,2 Mb dan akan memakan 37,5 Mb kapasitas harddisk. Tekan y [y] aja

setelah semua proses selesai, buka abiword di Application-Office-Abiword

selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk