July 23, 2011

Cara Mudah Uninstall OS Melalui Ubuntu


Anda pengguna dual / triple boot? atau bahkan lebih? dan anda ingin menguninstall atau remove OS tersebut salah satunya tapi bingung atau kesulitan untuk memperbaiki grub loader.

sekarang linux (terutama Ubuntu) sangat mempermudah anda, dengan tampilan GUI dan cukup klik-klik  maka OS yang kamu uninstall akan hilang dan tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana memperbaiki boot / grub loader yang rusak atau tertimpa.

Preview OS-Uninstaller nya
OS-Uninstaller

Aplikasi ini bisa unistall hampir semua OS seperti Windows, MacOS, Ubuntu, dan distro Linux yang lain serta memperbaiki grub loader.

Bagaimana cara meninstallnya?

edit file sources.list. Caranya buka Terminal kemudian ketikkan : sudo gedit /etc/apt/sources.list
lalu tambahkan pada baris paling bawah :


deb http://ppa.launchpad.net/yannubuntu/os-uninstaller/ubuntu/dist/Versi_Ubuntu_Kamu/main
deb-src http://ppa.launchpad.net/yannubuntu/os-uninstaller/ubuntu/dist/Versi_Ubuntu_Kamu/main

Versi_Ubuntu_Kamu diganti dengan versi ubuntu anda misal Maveric, Lucid atau Natty ( catatan : OS-Uninstaller sekarang cuma mendukung 3 versi ubuntu yaitu : lucid, maverick & natty )

lalu simpan file, update lalu install :
* sudo apt-get update
* sudo apt-get install os-uninstaller

Os-uninstaller berada pada menu  : System > Adminstration > [B]Operating System Uninstaller[/B]

Bagaimana cara pemakaiannya?

Jika anda anda memiliki OS lain seperti Distro Linux lainnya atau windows atau MacOSX dan ingin menghapus dari PC, jalankan OS-Uninstaller lalu akan tampil pilihan OS yang siap anda hapus, jangan takut menghapus OS yang sedang anda pakai karena OS yang sedang berjalan tidak ikut ditampilkan, hanya OS yang tidak sedang aktif saja yang akan ditampilkan, centang semua Opsi lalu  tekan apply jika ingin memproses penghapusan OS dan fixing grub loader. jika sudah selesai restart PC dan anda akan tidak akan melihat lagi OS yg barusan anda remove dari grub loader list.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk