August 18, 2011

Akhirnya Rilis Juga BlankOn 7 Pattimura

Akhirnya, tepat tanggal 17 Agustus 2011 kemaren BlankOn 7.0 Pattimura rilis juga. Masih berbasiskan Ubuntu dan kali ini berbasiskan Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Nama kode Pattimura diambil dari nama Pahlawan Nasional Indonesia, Thomas Matulessy yang juga dikenal dengan nama Pattimura. Nggak tau siapa Pattimura? ah payah... coba liat duit Rp 1000 mu terus liat siapa tuh orang berjenggot yang lagi bawa golok. nah itu gambarnya Pattimura. BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia atau yang biasa disingkat YLPI dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran ( Libre Office ), aplikasi keuangan ( GNU Cash ), aplikasi Internet ( Chromium Web Browser, Pidgin, Evolution ), menggambar (baik vektor ( Inkscape ) maupun bitmap (Gimp) ), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia ( jadi nggak perlu download codec lagi kayak bapaknya atau kakeknya BlankOn ), serta aplikasi menarik lainnya.


Apa yang baru?


BlankOn 7.0 Pattimura mempunyai beberapa fitur aplikasi yang memudahkan Anda untuk membantu pekerjaan setiap hari, menikmati hiburan, behubungan melalui fasilitas internet sampai aplikasi pendidikan. 

sreenshot desktopnya 
screenshot main menunya
Aksara Nusantara
Pattimura mendukung enam jenis Aksara Nusantara, yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Rejang dan Jawa merupakan penambahan terbaru di versi ini.


Kamus Stardict
Pattimura menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia. Jadi lumayan kalo pelajaran bahasa Inggris atau pelajaran bahasa daerah :D .


Perambah Web Chromium Web Browser

Pattimura menyertakan peramban web Chromium versi 15 yang merupakan induk semangnya google Chrome untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman dan sudah mendukung HTML5. Tidak suka? lebih suka firefox? nggak usah ganti distro. Install aja kenapa ?


Multimedia
BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, Inkscape, dan sebagainya.


Suport Modem USB yang Beredar di Tanah Air
Akhir-akhir ini sedang booming modem USB flip-flop yang dibundle dengan kartu operator nasional di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi Linux. BlankOn 7.0 Pattimura mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tinggal tancap langsung beres.

Linux Kernel 3

Inilah yang jadi keunggulannya dibanding Ubuntu, yaitu menggunakan kernel 3. Bandingkan dengan Ubuntu yang menggunakan kernel 2.6.xx

Aplikasi Kantoran Libre Office

Pernah saya post tentang Libre Office. silahkan baca-baca tentang libre office disini

Buku Manual

Baru kali ini menggunakan Linux? tenang disdiakan buku panduan berbahasa Indonesia.

Unduh Sekarang
BlankOn 7.0 Pattimura dapat diunduh dari Pusat Unduhan CD BlankOn berupa Live CD.

Terlepas dari apapun sistem operasi yang Anda jalankan, Live CD akan memberi keuntungan lebih, lengkap dengan aplikasi umum, semua berjalan dari drive CD Anda - hard drive Anda tidak akan disentuh sama sekali. Dan Apabila Anda menginginkan BlankOn Pattimura berjalan dengan kecepatan penuh maka pasang BlankOn Pattimura ke komputer Anda.

Pengguna lama BlankOn versi sebelumnya juga dapat menaikkan versi ke versi 7 melalui program Synaptic yang tersedia.
Kebutuhan RAM minimum: 256 MB
Kebutuhan prosesor minimum: 500 MHzArsitektur: i386/32 dan AMD64
Desktop: GNOME yang ditambahkan Blankon Panel
Kernel Linux: 3.0.1

linknya ada disini

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk