October 27, 2011

Cara Membuat Software Windows Portable

Bagi yang belum tau apa itu software portable silahkan baca ini terlebih dahulu
Aplikasi Portabel (bahasa Inggris: portable application) adalah sebuah perangkat lunak komputer yang dapat dibawa dalam peralatan portabel (contohnya: USB flash drive) dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu. Ketika peratalan portable dihubungkan dengan komputer, aplikasi portabel tersebut dapat langsung digunakan. Keuntungan dari perangkat lunak jenis ini adalah Anda dapat membawa data beserta program yang dibutuhkan untuk membukanya ke mana saja untuk dapat dibuka di komputer manapun. Karena data disimpan di peralatan portabel, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu. (sumber : id.wikipedia.org)
Kali ini kita akan memportabelkan software dengan Cameyo. Program ini dapat membuat aplikasi portable dengan cara yang sangat mudah, hanya mengikuti beberapa langkah mudah lalu aplikasi portable sudah matang (jadi), sayangnya tidak semua aplikasi dapat dibuat portable dengan program ini, aplikasi yang berat kebanyakan tidak bisa diportablekan dengan program ini.
berikut langkah-langkah memportabelkan software dengan Cameyo:
1. Download Software Cameyo dari link ini
2. Setelah selesai menginstall, jalankan Cameyo, pilih menu Capture installation, maka Cameyo akan mulai memonitor sistem komputer.


3. Setelah proses monitor selesai, akan tampil window “Proceed with installation” yang artinya Cameyo siap memonitor software yang kita install.

4. Mulai installasi software yang akan diportablekan, termasuk memasukkan serial number jika software tersebut memerlukannya.

5. Setelah installasi software selesai, klik tombol Cameyo Install done, maka Cameyo akan memulai menyimpan file-file hasil installasi.

  
 6. Setelah selesai, kita bisa mengatur file yang akan dijalankan begitu aplikasi portable jadi, seperti contoh berikut:


 7. Setelah di klik OK maka pembuatan versi portable di mulai dan setelah jadi, kita mendapatkan file exe versi portable yang langsung bisa kita jalankan tanpa perlu installasi

Cameyo juga menyertakan fitur untuk mengedit aplikasi portable yang sudah jadi. Karena terkadang ada file-file yang disertakan yang sebenarnya tidak kita perlukan, sehingga bisa dihapus untuk memperkecil ukuran aplikasi portable yang sudah kita buat. Perlu di ingat bahwa tidak semua software installasi bisa dibuat menjadi versi portable, tetapi yang jelas dengan software gratis ini, kita bisa membuat versi portable dengan lebih mudah dan pastinya aplikasi ini gratis.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk