February 1, 2012

Efek Compiz Ubuntu 11.10

Dulu awal ubuntu 11.10 rilis saya rada kecewa soalnya unity + compiz kok rasanya gampang banget ngelag. Udah gitu sering hang lagi. Akhirnya saya putuskan menginstall Gnome Shell dengan perintah sudo apt-get install gnome-shell. Namun sayangnya gnome 3.xx nggak suport compiz. Akhirnya dengan sangat terpaksa pertahanin Unity + Compiz yang dikit-dikit bikin freeze desktop saya.
setelah bertapa sama mbah google akhirnya nemu caranya dan ternyata caranya gampang banget. Cuma modal GNOME clasic + compiz (dan ccsm tentunya) + waktu sekitar 5 menitan. gimana caranya? monggo scroll kebawah.
1. install paket dibawah ini, dengan perintah dibawah ini.
sudo apt-get install gnome-shell compiz compiz-plugins compiz-plugins-main python-compizconfig compizconfig-settings-manager compiz-plugins-extra

nggak punya koneksi internet kenceng dirumah? gunakan apt-web yang bisa diakses disini
2. Log out kemudian login lagi dengan session lain. Caranya pada saat akan memasukkan password untuk login, klik icon gear kemudian pilih GNOME Classic.
3. klik menu Applications - Other - terus pilih startup aplications kemudian klik add
4. jika sudah tambahkan perintah compiz --replace
5. restart komputer anda kemudian login lagi ke GNOME Classic.
6. Buka ccsm yang berada di Applications - Other - compizconfig settings manager
7. centang GNOME compability
8. selesai, tinggal tambahkan efek2 yang anda sukai (misal : desktop cube, burn, dll)
contohnya kalo udah berhasil
sekian, semoga bermanfaat

6 comments:

  1. HAI SOB....SALAM KENAL YAH....JIKA ADA WAKTU SILAHKAN MAMPIR....di tunggu commentnnya :)

    ReplyDelete
  2. @admin, salam kenal. visit back. dan jangan lupa gunakan browser firefox...

    ReplyDelete
  3. weitzzz kerenn nigh sobat.. tutorialnya ada jga compiz di ubuntu 11

    tapi ane msih pake yg 10nya sobat ntar ane ganti eaa

    salam kenal

    ReplyDelete
  4. thanks tutorialxa sob,,
    ilmu saya jadi bertambah setelah liat tutorilxa..

    ReplyDelete
  5. wah keren gan tapi ane kagak pake ubuntu gan

    ReplyDelete
  6. sayang ane belum pake ubuntu ya sob..kunjungan malam sobat..

    ReplyDelete

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk