June 23, 2012

Cara Merekam Siaran Radio



Suka mendengarkan siaran radio online? kalo iya pastinya pernah merasakan keinginan untuk merekam stasiun radio favorit kan? (kalo belum berarti belum pro :D). Sayangnya stasiun radio online tidak menyediakan tombol untuk mendownload stasiun radio (kalaupun ada bisa-bisa satu harddisk cepet penuh tuh). Namun kalau Anda masih ngotot pingin menyimpan siaran radio online gunakan saja Auda city (bisa diunduh disini) untuk merekam saluran radio online favorit Anda.

Untuk melakukan perekaman, ikuti langkah-langkah ini.

1. Unduh dan instal Audacity. Pengunduhan ini statusnya gratis (software Open Source gitu lho), dan tersedia untuk Windows, Mac, maupun Linux.
2. Jalankan Audacity lalu pilih menu View > Float Mixer Toolbar. Pada menu drop-down di Audacity’s mixer toolbar, pilih Wave Out atau Stereo Mix input sebagai input.

3. Buka Radio Player atau situs streaming radio lainnya, lalu pilih stasiun radio yang ingin didengarkan. Tekan tombol Play.
4. Begitu radio player mulai mem-buffer suara radio, beralihlah ke Audacity dan tekan tombol Record yang dilambangkan dengan lingkaran merah. Anda akan melihat sebuah gelombang bergerak yang menunjukkan bahwa perekaman sedang berlangsung.
5. Bila radio berakhir atau Anda ingin berhenti merekam, tekan tombol Stop. Simpan rekaman sebagai file WAV atau gunakan MP3 Encoder untuk menyimpan streaming radio sebagai file MP3 yang dapat diputar di iPod atau dibakar kedalam kepingan CD.

Selamat! Anda sudah berhasil merekam siaran radio online. Silakan rekam apa saja, entah itu berita atau musik, yang Anda inginkan. Oh iya, kalau anda mau nyanyi - nyanyi terus ingin direkam suaranya, Anda juga bisa melakukan perekaman dengan cara diatas.

Selamat Mencoba


No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk