February 15, 2014

Membuat GIMP Mirip Photoshop

Setelah sekian lama nggak ngeblog gara-gara tidak adanya koneksi internet dan kesibukan di dunia nyata. Ditengah guyuran hujan abu gunung Kelud kali ini saya akan memposting tentang cara membuat GIMP mirip Photoshop.

Sebelumnya apa itu GIMP? GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Program/software ini dipakai untuk manipulasi grafik berbasis raster. nggak paham? intinya GIMP adalah software edit foto gratis mirip Photoshop yang jauh lebih ringan, gratis, bebas dipakai, dimodifikasi namun masih tetap powerful meskipun disandingkan dengan Photoshop sekalipun.

Tampilan Default GIMP
Bagi sebagian desainer grafis yang terbiasa memakai Photoshop ketika mencoba memakai GIMP akan merasa kebingungan. Namun jangan khawatir karena dibawah ini ada sedikit tips agar Anda yang terbiasa memakai Photoshop tidak merasa cangung ketika menggunakan GIMP.

1. Gunakan fitur Single Window Mode

fitur ini berguna agar tampilan utama GIMP yang terbagi menjadi 3 bagian menjadi 1. Caranya cukup klik menu Windows - Single Window Mode. Perlu dicatat fitur ini hanya tersedia untuk GIMP versi 2.8 keatas. Untuk melihat versi GIMP bisa dilakukan dengan klik menu Help - About.
Tampilan GIMP single window mode

2. Mengganti Icon GIMP mirip Photoshop

Pertama-tama download dulu setupnya Disini. Sebelumnya backup dulu folder penting di /home/nama_user/.gimp-2.8 untuk linux dan c:\user/nama_user/.gimp-2.8 untuk windows dengan cara menambah kata "_old" dibelakang nama folder. Setelah itu extract ke /home/nama_user/ untuk linux dan c:\user/nama_user/ untuk windows. Setelah selesai coba jalankan kembali GIMP. Apabila GIMP sudah berpenampilan seperti ini berarti anda sudah merhasil membuat GIMP mirip Photoshop.

Tampilan GIMP yang sudah diubah mirip Photoshop
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk