December 17, 2014

Beda apt-get remove dan apt-get purge pada Ubuntu

Pengguna distro linux berbasis debian/ubuntu pastinya kenal dengan perintah apt-get install. Bagi yang belum tau perintah tersebut digunakan untuk menginstall aplikasi baru. Nah, kebalikan perintah ini (untuk menguninstall) adalah menggunakan perintah apt-get remove atau apt-get purge. Bingung kok perintahnya ada 2? coba lihat penjabarannya berikut ini.


apt-get remove

Perintah apt-get remove digunakan untuk menghapus instalasi suatu aplikasi pada distribusi linux berbasis debian/ubuntu. Contoh penggunaan perintah ini adalah:

sudo apt-get remove pencil

apt-get purge

Perintah apt-get purge juga digunakan untuk menghapus instalasi suatu aplikasi pada distribusi linux berbasis debian/ubuntu. Bedanya perintah ini juga menghapus konfigurasi yang sudah dilakukan pada aplikasi yang dihapus. Contoh penggunaan perintah ini adalah:

sudo apt-get purge pencil

Kesimpulannya, apt-get remove digunakan untuk menghapus instalasi suatu aplikasi pada distribusi linux berbasis debian/ubuntu tanpa menghapus file konfigurasi aplikasi yang dihapus. Sedangkan apt-get purge digunakan untuk menghapus instalasi suatu aplikasi bersama dengan file konfigurasinya. Jadi suatu saat kalau mau install kembali aplikasi yang sudah diuninstall sebelumnya jika menggunakan perintah apt-get remove aplikasi akan kembali kekeadaan sebelum diuninstall (contoh: apabila yang diuninstall aplikasi pemutar musik, maka playlist yang sudah dibuat dulu masih tersimpan dan bila aplikasinya diinstall lagi playlist masih bisa dibuka) sedangkan jika menggunakan apt-get purge semua file konfigurasi yang berhubungan dengan aplikasi yang diuninstall akan terhapus. Dan bila diinstall kembali akan kembali ke keadaan standarnya.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk