December 17, 2014

Cara Merawat Battery Laptop

Notebook atau yang biasa dikenal sebagai laptop saat ini sudah menjadi barang yang umum digunakan oleh semua orang dari berbagai golongan. Jika jaman dulu hanya kaum eksekutif saja yang bisa punya laptop sekarang sudah banyak orang yang memiliki laptop mulai dari anak sd sampai anak kuliahan seperti saya. Salah satu bagian penting dari sebuah laptop adalah baterainya. Tanpa adanya baterai pada sebuah laptop, laptop hanya akan menjadi sebuah komputer desktop biasa hanya saja memiliki bentuk yang lebih ringkas. Nah berikut adalah beberapa tips merawat baterai laptop agar tetap tahan lama.

1. Jangan ganti baterai dan charger yang tidak kompatibel
Masing masing laptop sudah didesain sedemikian rupa agar bisa saling bekerja dan menghasilkan performa terbaiknya, termasuk baterai dan charger laptop. Menggantinya dengan spesifikasi yang berbeda bukannya menambah performa malah bisa bisa merusak laptop itu sendiri. Apabila anda berniat mengganti baterai atau charger laptop yang rusak atau hilang, sebaiknya hubungi service center terdekat untuk mengganti charger atau batterainya. Mau cari ditempat lain juga sah sah saja. Perhatikan keterangan yang tertera pada charger atau baterainya. Bila stiker tulisan keterangan sudah seperti gambar dibawah ini ya baca buku manualnya.
Keterangan hilang

2. Hindari Menggunakan laptop di tempat yang labil
Tempat labil yang dimaksud disini adalah tempat tempat yang memiliki permukaan lunak seperti karpet, sofa, kasur, bahkan tas laptop itu sendiri. Kenapa demikian? karena permukaan yang empuk tadi berpotensi menghambat saluran sirkulasi udara pada laptop. Apabila salauran sirkulasi udara tertutup maka akan menimbulkan masalah berupa overheat. Overheat sendiri dapat mengakibatkan laptop merestart sendiri. Selain itu juga bisa merusak baterai dikarenakan panas adalah musuh semua barang elektronik termasuk laptop dan baterainya.

3. Hindari Overcharging
Perhatikan indikator baterai laptop pada saat menggunakan laptop yang sedang melakukan charging (cas). Bila baterai laptop sudah terisi penuh, segera cabut charger dari colokan listrik. Hal ini dimaksudkan agar beban tagihan listrik bisa sedikit berkurang (go green) dan mencegah overcharging yang mengakibatkan kerusakan pada baterai. Banyak orang yang sengaja melepas baterai laptop agar praktis tidak perlu cabut/pasang charger berkali kali. Cara ini boleh dilakukan asalkan anda bisa menjamin arus listrik stabil dan tidak pernah putus. Mengapa demikian? karena arus listrik yang tidak stabil justru bisa merusak motherboard dan listrik yang hidup mati malah dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk. Mau cari aman tapi tetap mau praktis? ganti laptop dengan fitur self discharging atau dapat memutus sendi aliran listrik dari charger ke laptop.

Demikian sedikit tips merawat baterai laptop. Cek juga pada buku manual laptop masing masing. Karena bisa saja tiap laptop beda perawatan baterainya. Semoga bisa berguna untuk semua.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk