January 20, 2015

Perbedaan Kernel Linux Generic dan Low Latency

Kernel adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi inti dari sebuah sistem operasi. Perangkat lunak ini nantinya akan menjadi mediator/penghubung antara aplikasi komputer dan perangkat keras, yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses-proses yang sedang berjalan, pengaturan file-file, input-output terhadap dan dari suatu device dan masih banyak lagi fungsi tambahan yang lainnya.



Pada kernel Linux, kernel dibedakan menjadi 2 yaitu Linux generic dan Low latency. Apa perbedaannya? dan manakah yang lebih baik? monggo disimak penjabarannya berikut.

Generik itu umumnya konfigurasi yang mengakomodasi penggunaan sistem secara luas (tidak spesifik) misal dari desktop biasa2 (bukan untuk game atau pemrosesan audio/video) sampai server. Dalam sistem generik kernel membagi sumber daya mesin secara relatif merata, baik untuk servis maupun untuk user desktop. Tetapi dengan model seperti ini terkadang pekerjaan yang membutuhkan sumber daya tinggi seperti game atau proses audio/video yang real-time dapat terganggu jika ada proses lain yang membutuhkan sumber daya cukup besar melakukan interupsi.

Sedangkan pada sistem low-latency, kernel akan berusaha mengalokasikan sebagian besar sumber daya untuk mendukung proses yang saat ini dihadapi (biasanya dihadapi user, bukan proses servis). Tujuannya untuk mengurangi latensi proses real-time punya user. Umumnya pengguna desktop menggunakan model seperti ini.


Untuk refrensi lebih lanjut bisa dibaca di https://docs.fedoraproject.org/en-US/Fedora/16/html/Musicians_Guide/chap-Musicians_Guide-Real_Time_and_Low_Latency.html

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk