January 28, 2015

Bermain Game di Linux

Jaman dulu orang akan beranggapan kalau sistem operasi berbasis linux itu susah digunakan karena tampilannya yang identik dengan CLI atau command line interface. Namun saat ini sistem operasi berbasis linux sudah berkembang sedemikian rupa sehingga semua kalangan sudah bisa memakainya. Bahkan sudah banyak usaha warnet yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi andalannya dikarenakan kehandalan dan biaya lisensi yang rata rata gratis.


Saat ini mungkin bisnis warnet yang menggunakan linux sedang dilanda dilema karena banyak orang yang pergi ke warnet hanya untuk bermain game. Karena itu tidak sedikit pemilik warnet linux mengganti sistem operasinya dengan windows walaupun memakan biaya lisensi yang mahal. Padahal ada banyak game yang berjalan secara native di linux. Berikut beberapa contohnya:

  1. Heroes of Newerth

  2. Gameplay HoN
    Game ini adalah multiplayer online battle arena (MOBA). Bagi pencinta DOTA akan merasa familiar dengan game ini karena game playnya bisa dibilang mirip dengan DOTA. Game yang dikembangkan S2 Game ini adalah game online.

  3. VDrift

  4. Gameplay VDrift
    Game ini adalah game bergenre racing. Game play mirip dengan Gran Turismo dengan aksi drift yang lebih karena pembuatnya sendiri (Joe Venzon) adalah fans dari franchise Gran Turismo yang sedikit kecewa dengan drift pada GT4.

  5. 0 A.D.

  6. Gameplay 0 A.D.
    Adalah game RTS (Real Time Strategy) yang dikembangkan oleh WildFireGames. Walaupun masih alpha release tapi game ini masih sangat layak untuk dimainkan

Masih kurang? ada banyak emulator dari platform lain yang juga jalan di Linux. Beberapa diantaranya adalah:
  • PPSSPP ~ Emulator PSP
  • PCSX ~ Emulator PS1/PSX
  • PCSX2~ Emulator PS2

Masih belum puas? tenang sekarang sudah ada platform dari Steam yang bisa berjalan di Linux (SteamOS dan Ubuntu). Ada banyak game yang berjalan di platform ini beberapa contohnya adalah DOTA dan Counter Strike.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau mau diskusi silahkan tinggalkan komentar

Powered by Blogger.
© Campuraduk